Selasa, 24 Mei 2016

Bekerja Bersama, Sandi Uno ingin meningkatkan Perekonomian Ibu Kota Yang Merata Hingga Sektor UMKM

Sandiaga Uno, Wakil Ketua Umum Kadin bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Koperasi, dan Industri Kreatif menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 7 persen jika UMKM di negara ini berdaya saing tinggi dengan indeks kemudahan berbisnis di urutan 40 besar.

"Ekonomi Indonesia itu bisa tumbuh tambah 2 persen di atas pertumbuhan yang sekarang. Saat ini kan pertumbuhannya 4,9 persen. Dalam peningkatan kualitas UMKM, saya kira, bisa lah 7 persen pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Sandiaga Uno, Selasa (24/5).
Kebijakan yang tepat untuk mendorong UMKM juga tidak terlepas dari kemudahan berbisnis. Maka dari itu, indeks kemudahan berbisnis harus ditingkatkan. Saat ini, indeks berbisnis masih di level 109. Jauh dari permintaan Presiden Joko Widodo yang meminta tingkat kemudahan berbisnis di bawah 40 besar.
Sandi Uno


"Ini tugas yang berat buat kami. Di Jakarta sendiri kita semua kan mengalami kesulitan berbagai masalah yang membuat indeks kemudahan berbisnis itu belum mengalami kenaikan signfikan. Harga-harga bahan pokok meningkat, lapangan pekerjaan masih sulit. Jadi, kembali lagi indeks kemudahan berbisnis itu masih diperbaiki, permodalan harus digenjot," ungkapnya.

Dari sisi potensi UMKM, saat ini, Sandiaga mengusulkan agar skala bisnis UMKM terus bertumbuh besar. Dengan demikian, bukan lagi soal memperbanyak jumlah UMKM, tetapi menumbuhkan kualitas usaha dari UMKM tersebut.
"Ke depan, UMKM itu harus ditargetkan. Jumlahnya tidak boleh lagi 50 juta, tetapi harus di bawah 45 juta, misalnya di tahun 2030 mendatang. Setelah itu, turun lagi menjadi 25 juta. Nah, itu menunjukkan mereka tumbuh dari kecil ke menengah, dan menengah menjadi membesar. Itu lah tantangan untuk ekonomi Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Sandiaga menyatakan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan hal itu. Pemerintah harus bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, seperti pelaku usaha.


"Kami dari Kadin maupun Non Government Organisation (NGO) selalu mendukung, UMKM ini harus dikembangkan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar