Jumat, 18 Maret 2016

KEWIRAUSAHAN BAGI CALON GUBERNUR BANG SANDI UNO


SANDI UNO 
Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil Sandi Uno (46 tahun) adalah adalah salah satu pengusaha Indonesia yang cukup diperhitungkan. Pria kelahiran Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini sering hadir di acara seminar-seminar dan kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), utamanya pada pemuda.

Pada 1990, Sandi Uno pernah mengenyam pendidikan di Wichita State University, dan lulus dengan predikat cum laude serta meraih gelar Bachelor of Business Administration. Dua tahun kemudian, dia melanjutkan studi di George Washington University dan mendapatkan gelar master.

Sandi Uno memulai usahanya setelah sempat menjadi seorang pengangguran ketika perusahaan yang mempekerjakannya bangkrut. Bersama rekannya, Sandi Uno mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Usaha itu sukses dan telah mengambil alih beberapa perusahaan lain. Pada 2009, Sandi Uno tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes. Dua tahun kemudian, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Saat itu, Sandiaga Uno menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan USD 660 juta.

Karena ketertarikan dan performanya yang baik di dunia bisnis, dia sempat ditunjuk menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), beranggotakan lebih dari 30 ribu pengusaha pada 2005 sampai 2008. Selain itu, dia aktif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sehingga sempat menduduki jabatan wakil ketua umum bidang usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

Jam terbangnya dalam dunia bisnis membawanya untuk menerima sebuah anugerah sebagai "Indonesian Entrepreneur of the Year" pada ajang Anterprise Asia. Pada 2008, Sandiaga mewakili Indonesia bergabung dengan sebuah program kegiatan bernama Asia 21.

Dalam percaturan politik, pria berdarah Gorontalo mulai dikenal publik ketika menjadi juru bicara calon presiden Prabowo Subianto tahun lalu. Setelah itu, pada 8 April 2015, Sandi Uno dilantik menjadi anggota Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Pada awal Mei 2015, Sandiaga melepaskan jabatan direktur di PT Adaro Energy Tbk. Tak berselang lama, pengusaha kelahiran Pekanbaru ini pun mengundurkan diri sebagai Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.
Jadi menurut saya bila mengutip dari tulisan diatas, peran negara haruslah aktif dan positif dalam membangun perekonomian bangsa apalagi Jakarta yang menjadi wajah Indonesia, negara harus berani mengambil resiko dalam mengembangkan UKM agar dapat bertransformasi menjadi pengusaha besar seperti sandi uno.

Setelah digadang-gadang akan menjadi calon terkuat lawan Gubernur Ahok, kepada merdeka.com pemilik tambang emas di Banyuwangi, Merdeka Cooper, itu mengatakan jika dia belum mengetahui perkembangan tersebut. Sebab saat ini sedang liburan di luar negeri.

SUMBER :http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-sosok-sandiaga-uno-yang-diperkirakan-jadi-rival-berat-ahok.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar