Senin, 28 Maret 2016

SANDIAGA DISAMBUT DENGAN TRADISI ASLI BETAWI YAITU "PALANG PINTU"


BANG SANDI SEDANG MEMPEHATIKAN TRADISI BETAWI "PALANG PINTU" SAAT BLUSUKAN KE CONDET


SANDI UNO
Dua bakal calon gubernur DKI Jakarta, Yusril Ihza Mahendra bersama Sandiaga Uno, mengikuti acara Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Rumpun Masyarakat Betawi (RMB) dan Gebyar Budaya Betawi 2016 di Balai Rakyat Condet, Kramatjati, Jakarta Timur.

Yusril dan Sandiaga tiba berbarengan di lokasi acara, Minggu (20/3/2016) pukul 10.00. Keduanya langsung disambut dengan lantunan musik tradisional Betawi dan diarak menuju panggung acara. Arak-arakan pun sangat meriah warga sekitar sangat antusias mengawalnya.

Namun, sebelum masuk ke panggung acara, langkah keduanya terhenti. Panitia acara menyiapkan adat Betawi dalam menyambut tamu, yakni Palang Pintu. Baik Yusril maupun Sandiaga yang sama-sama berbaju putih dan celana hitam serta berpeci hitam menyimak kesenian itu. Budaya Palang Pintu dimulai dari saling melempar pantun sampai pertunjukan silat Betawi. Sangat unik sekali karena pemandangan seperti jarang sekali di lihat oleh beliau.

"Jambu kelutuk dari Pasar Minggu, warna merah sudah pasti matang. Hati saya dag dig dug lama menunggu, takut Bang Yusril dan Bang Andi (Sandiaga) berhalangan datang," kata Jalahudin dari komunitas ini yang melemparkan pantun pertama kali, Minggu pagi.

Masyarakat yang hadir ikut menonton dan mengelilingi. Panitia yang menyambut sempat menyinggung Sandiaga Uno yang merupakan salah satu calon gubernur DKI.

"Ini kan calon gubernur kita, Bang. Seiman, Bang, seiman. Harus mendukung," ujar salah satu penyambut.

Kemudian, keduanya menyaksikan tarung silat ala Betawi antar-pesilat yang telah disediakan panitia. Setelah itu keduanya menyongsong masuk ke lokasi panggung acara.

Selain Sandiaga Uno yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, ada Sanusi dan Yusril, politisi Gerindra  dan PPP yang juga datang di acara tersebut.

Tradisi seperti ini harus dilestarikan dan dijadikan aset lokal warga betawi, selain sebagai aset ini juga sangat strategis dibidang pariwisata yang mana akan menunjang perekonomian seniman dan warga Jakarta. Bang Sandi harus mejaga ini bila menjadi Gubernur D.K.I Jakarta

SUMBER: http://megapolitan.kompas.com/read/2016/03/20/11545221/Di.Acara.Komunitas.Betawi.Yusril.dan.Sandiaga.Disambut.Palang.Pintu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar